Umur 100 Tahun, Pria India Ini Masih Tetap Kuat

Bookmark and Share

Umur 100 Tahun, Pria India Ini Masih Tetap Kuat

Manohar Aich (Foto: AP)
Tidak banyak yang mengenal nama Manohar Aich. Namun pria India ini dahulunya sempat dikenal sebagai pemenang kompetisi binaraga dunia Mr Universe. Meski sudah berusia 100 tahun, Aich masih tetap kuat.

Menurutnya, hidup dalam kebahagiaan dan tanpa ketegangan adalah kunci untuk umurnya yang panjang. Pria yang pernah menjadi tahanan di penjara itu tidak merokok dan tidak pernah menyentuh alkohol.

Dia juga melakukan diet yang sederhana dari susu, buah dan sayuran bersama dengan nasi, kacang dan ikan yang telah membuatnya sehat. Semua anak, cucu dan cicitnya berkumpul untuk merayakan hari ulang tahunnya.

Selain itu juga hadir Imam Hindu untuk memberikan doa kepada pria yang merupakan pemenang Mr Universe tahun 1952 itu.

Aich yang terlihat masih memiliki otot-otot dalam tubuhnya tampak menebar senyuman dengan giginya yang ompong. Dirinya selalu berusaha tetap senang dalam menghadapi banyak rintangan dan kesulitan ekonomi keluarganya dengan tujuan untuk mencapai kemuliaan.

"Saya harus berjuang untuk mendapatkan uang setiap hari sejak saya muda. Tapi apa pun situasinya, saya tetap senang," kata Aich, seperti dikutip dari The Telegraph, Senin (19/3/2012).

Aich lahir di kota kecil Comilla di Bengal. Pada tahun 1942 dia bergabung dengan Angkatan Udara Kerajaan Inggris di bawah penguasa India kolonial dan di sanalah ia mulai berolahraga dan membentuk otot-otot tubuhnya. Alhasil, dia mendapat pujian atas fisiknya dari rekan-rekannya di angkatan udara.

Beberapa tahun kemudian, dia dimasukkan ke dalam penjara ketika ia memprotes penindasan yang dilakukan oleh penjajah.

"Di penjara saya mulai latihan beban dengan serius tanpa peralatan apapun, kadang-kadang selama 12 jam dalam sehari. Ini membantu saya mempersiapkan diri untuk kejuaraan dunia," kenangnya.

Kemerdekaan India pada tahun 1947 membuat dirinya lepas dari penjara. Dirudung oleh kemiskinan, Aich dan istrinya beserta keempat anak mereka berusaha untuk bertahan hidup.

Enam dekade kemudian, Aich membantu anak-anaknya menjalankan sebuah pusat olahraga dan kebugaran. Kegiatan sehari-harinya dihabiskan untuk membimbing remaja agar mendapat bentuk tubuh yang diinginkan.

Namun, stroke ringan yang menyerangnya tahun lalu melarangnya untuk tidak mengangkat beban-beban yang berat. Walaupun begitu, dia terus melakukan pengawasan yang ketat kepada binaragawan muda di tempat pelatihannya.

Sayangnya selama ini Aich mengaku bahwa dia tidak pernah memiliki kesempatan untuk bertemu rekannya sesama pemenang Mr Universe yang lebih terkenal, yakni Arnold Schwarzenegger.

http://www.whatsonxiamen.com/news_images/8f0e3e35d753165b0d001de1_Manohar_Aich_2.jpg

http://www.thejakartapost.com/files/images2/Manohar%20Aich.jpg

http://www.thehindu.com/multimedia/dynamic/00955/THAVD_AICH_955461f.jpg

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger