Soal Sarung Sebagai Atribut Solat

Bookmark and Share


Sarung di Indonesia memang selalu identik dengan atribut pakaian untuk sholat walau sebenarnya sarung bukanlah pakaian yang di haruskan untuk sholat tapi karena sarung dianggap memenuhi syarat sah pakaian untuk shalat yaitu menutupi aurat, tidak ketat, dan tidak transparan. Selain itu sarung pun lebih praktis digunakan sehingga banyak digunakan oleh laki-laki muslim.

Islam memang tidak menetapkan model yang pasti untuk melakukan ibadah, selama memenuhi syarat yang ditentukan, maka diperbolehkan. Asal memenuhi syarat, berpakaian terbaik (tidak asal-asalan), namun tidak berlebihan. sarung sebenarnya adalah kebudayaan Yaman dan di sana sarung disebut dengan futah, Sarung merupakan pakaian tradisional masyarakat Yaman, hingga kini tradisi menggunakan sarung masih melekat dalam kehidupan Masyarakat Yaman, bahkan menjadi salah satu oleh-oleh khas tradisional dari Yaman.

Penggunaan sarung di Indonesia berkembang setelah masuknya ajaran Islam yang dibawa para saudagar Arab khususnya Yaman, di Indonesia sarung memiliki nilai kesopanan yang tinggi sehingga digunakan untuk ibadah khususnya shalat, dan sarung pun di indonesia digunakan sebagai maskawin karena menjadi bagian dari seperangkat alat solat, demikian pembahasannya semoga membuka khasanah wawasan anda, temukan info menarik tentang grosir pakaian



Temukan artikel terkait:   Cari Pakaian Tidur Untuk Wanita

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar