Gejala Penyakit Jantung dan Penyebabnya

Bookmark and Share
Apa gejala penyakit jantung itu? Mungkin kita perlu mengetahui dan waspada terhadap beberapa pertanda dan gejala. Penyakit jantung adalah salah satu jenis penyakit yang saat sekarang mungkin akan semakin banyak diderita manusia modern. Ini karena banyak faktor dan gaya hidup yang semakin modern, tetapi lebih memicu terjadinya berbagai penyakit yang semakin berat dan tidak disangka-sangka. Jenis penyakit jantung bisa terjadi pada hampir semua orang. Ini bisa terjadi pada kaum wanita, pria dan juga pada semua kalangan umur mulai dari bayi yang baru dilahirkan sampai orang yang sudah berusia lanjut.

Apa yang penyebab penyakit jantung pada seseorang. Paling banyak terjadi, penyebab dan faktor yang akan semakin memicu seseorang mengidap jenis penyakit jantung ini adalah karena kebiasaan dan gaya hidup orang tersebut sehari-hari. Beberapa faktor resiko penyakit jantung pada seseorang diantaranya adalah:
  • Kebiasaan buruk merokok, selain penyakit jantung, kebiasaan ini akan sangat banyak merugikan kesehatan.
  • Kebiasaan begadang, mungkin kalau hanya kadang-kadang ketika benar-benar penting tidak ada masalah, tetapi ketika melek sepanjang malam setiap hari, akan semakin beresiko seseorang mengidap penyakit jantung.
  • Kurang beraktifitas fisik, mungkin karena urusan pekerjaan yang memang memungkinkan untuk kondisi ini. Tetapi kita tentu bisa melakukan olahraga untuk mengatasinya.
  • Karena faktor makanan sehari-hari. Makanan cepat saji dan yang banyak mengandung kolesterol, lemak dan jenis makanan tidak sehat lainnya akan semakin memperbesar kemungkinan seseorang menderita penyakit jantung.

Gejala Penyakit Jantung

Baik pada penderita pria maupun pada para wanita, gejala penyakit jantung yang akan dirasakan sama, ini tidak terpengaruh pada jenis kelamin penderita sakit jantung. Beberapa gejala penyakit jantung tersebut antara lain adalah:
  • Terasa nyeri dada terutama terjadi pada dada sebelah kiri.
  • Dada seperti tertekan, sesak dan seolah menahan beban yang berat di atasnya.
  • Nyeri yang muncul di dada disertai dengan pernafasan yang sesak.
  • Detak jantung menjadi lebih kencang, berdebar-debar dengan denyutnya yang tidak teratur.
Beberapa gejala diatas juga bisa disertai dengan beberapa gejala penyakit jantung lainnya seperti mual perut, muntah dan terjadi gangguan pada tidur karena tidak bisa nyenyak. Bila diantara kita ada yang memiliki salah satu atau beberapa diantara gejala penyakit jantung tersebut, disarankan untuk memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter untuk memastikan dan mengambil tindakan lebih dini.

Demikian yang perlu kita ketahui dan waspadai tentang beberapa penyebab dan gejala penyakit jantung, semoga anda dan keluarga tercinta selalu diberi kesehatan.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger