Ternyata ASI mengandung lebih dari 700 jenis bakteri

Bookmark and Share

ASI mengandung lebih dari 700 jenis bakteri











 


 

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa ASI mengandung lebih dari 700 jenis bakteri. ASI dari ibu yang kelebihan berat badan atau mengalami peningkatan berat badan lebih dari yang direkomendasikan selama kehamilan, ternyata memiliki lebih sedikit spesies bakteri, menurut para peneliti Spanyol.

Mereka juga menemukan bahwa ibu yang melalui kelahiran sesar, memiliki lebih sedikit jenis bakteri dalam ASI dibanding mereka yang menjalani kelahiran normal. Sementara itu, ibu hamil yang tidak merencanakan kelahiran sesar memiliki sekitar jumlah yang sama dari spesies bakteri yang dimiliki mereka yang menjalani kelahiran normal.

Hal ini menunjukkan bahwa kondisi hormonal seorang ibu pada saat melahirkan dapat mempengaruhi keragaman spesies bakteri dalam ASI-nya. Hasil temuan ini ditulis oleh Raul Cabrera-Rubio dan rekan-rekannya, yang kemudian dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition.

Sebagaimana dilansir dalam Spanish Foundation of Science and Technology, ASI memiliki peranan penting dalam menentukan komposisi komunitas bakteri dalam sistem pencernaan anak. Untuk itu, kini peneliti berusaha mencari tahu apakah bakteri pada ASI dapat membantu mencerna susu atau mengembangkan sistem kekebalan tubuh.

"Hasil penelitian ini dapat membantu kami meningkatkan gizi anak," kata Raul, seperti dilansir Health.com (9/1).

sumber

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar